Kesalahan Minum Obat yang Harus Dihindari

Penulis Blog 5:23 PM

 

Alat Tensi Darah


Memilliki alat kesehatan di rumah sama pentingnya seperti memiliki persediaan obat. Misalnya saja memliki alat tensi darah bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengontrol tinggi darah Anda, atau memiliki thermometer yang dapat membantu mengindetifikasi mengalami demam. Sementara memiliki persediaan obat sangat penting terutama bila Anda yang memiliki penyakit bawaan seperti darah tinggi, alergi, atau asma. Memiliki persediaan obat ini bisa menyelamatkan nyawa Anda bila terjadi gejala yang membahayakan. 


Memilih obat secara mandiri untuk penyakit yang umum boleh-boleh saja. Namun yang jadi permasalahan adalah apabila cara minum obat dilakukan dengan tidak memperhatikan cara yang sesuai. Kebiasaan ini juga seringkali ditemui di masyarakat. Jadi apa saja kesalahan dalam meminum obat?


1. Tidak dengan air putih

Kadangkala beberapa dari kita menganggap jika apa saja bisa diminum saat minum obat. Padahal, mencampur obat dengan sembarang minuman akan membuat kinerja obat terhambat dan bahkan gagal berfungsi. Pencampuran seperti dengan minuman bersoda, teh, dan susu akan membuat obat bekerja lambat. Cara minum obat yang baik adalah dengan air putih. 


2. Makan sembarangan

Mengonsumsi makanan sambal dengan obat merupakan kesalahan dalam meminum obat. Obat harus bekerja dengan optimal melalui kandungannya sendiri. Apabila obat dicampur dengan makan, seperti roti, labu, kacang, jamur, dan sebagainya, makan fungsi obat bisa saja menghilang. 


3. Tidak sesuai jadwal

Saat minum obat, pastikan untuk membuat jadwal yang mudah diingat. Jika pada hari ini obat diminum pada jam 7 pagi, maka keesokan harinya harus diminum juga pada jam 7 pagi. Kebiasaan tidak minum obat secara teratur akan membuat obat lebih lambat menangani penyakit. 


4. Minum obat lebih dari resep

Setiap obat tentu saja diberikan resep bagaimana cara minum dan berapa banyak dosis yang diminum. Jika diberikan dosis sehari 3x minum, jangan pernah sekali-kali mencoba lebih dari aturan. Meminum obat sekaligus dengan anggapan akan sembuh secara lebih cepat adalah sebuah kesalahan yang fatal. Alih-alih mendapatkan kesembuhan dengan cepat, tubuh bisa saja mengalami keracunan bahkan kerusakan pada organ.


5. Berhenti sesuka hati

Kadangkala minum obat secara teratur tidak dianggap serius oleh beberapa orang. Sehingga pemikiran ini menyebabkan pasien sesuka hati berhenti dari obat yang dikonsumsi. Padahal bisa saja penyakit tersebut belum secara sempurna sembuh dan mungkin akan kembali lagi. Maka sebaiknya, tetap habiskan dosis obat yang telah diresepkan.


6. Minum dengan berbaring

Kesalahan ini seringkali dilakukan karena menelan obat dianggap hal yang mudah sehingga bisa dilakukan sambal berbaring. Padahal dengan berbaring, obat akan sulit untuk mengalir dalam tubuh. Sebaliknya, posisi duduk adalah posisi terbaik saat minum obat. Berikanlah jeda setidaknya 30 menit sebelum akhirnya kembali berbaring.


Itu tadi beberapa kesalahan dalam minum obat yang sebaiknya dihindari untuk membantu mempercepat masa penyembuhan Anda. Semoga membantu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔