Cara Mendapatkan ID Billing Pajak Melalui Sistem e-Billing

Ayead Gaptek 9:01 AM


Id Billing Pajak


Terdapat cara paling sederhana untuk membayar pajak. Melalui sistem pajak e-Billing yang biasanya membutuhkan id billing pajak. Pembayaran atau pengajuan pajak perusahaan menjadi jauh lebih mudah dengan sistem e-Billing. Klikpajak sebagai PJAP resmi dari DJP akan mengkaji pemilihan aplikasi pajak sistem e-Billing yang tepat untuk membayar pajak badan.

Setelah menghitung jumlah pajak yang akan dikeluarkan, wajib pajak badan atau badan juga wajib membayar pajak yang terutang dalam tahun berjalan atau pada akhir tahun pajak. Mulai saat ini, pembayaran sudah bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi pajak sistem e-Billing tanpa harus datang ke kantor dan melakukan pembayaran secara manual.

Aplikasi eBilling pajak, layanan terbaru pembayaran pajak online DJP, dikembangkan untuk menghindari kesalahan entri data saat mengisi Surat Setoran Pajak (SSP). Lebih mudah mengajukan atau membayar pajak secara online dengan aplikasi pajak sistem e-Billing melalui mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yaitu e-Billing Klikpajak. 

Memang sangat penting dalam mengelola pajak dan keuangan perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendukung kinerja bisnis. Sebelum membayar pajak secara online, Anda harus membuat kode billing terlebih dahulu agar detail Klikpajak tersimpan di sistem billing DJP.

Cara Membuat Kode Billing/ID Billing

1. Cara pertama untuk menggunakan e-Billing pajak online Klikpajak e-Billing yaitu login ke akun Klikpajak melalui link https://my.klikpajak.id/login, lalu masukkan “E-mail dan Kata sandi " yang telah terdaftar atau bisa membuat akun baru terlebih dahulu apabila belum terdaftar.

2. Setelah login dengan email dan password yang telah didaftarkan, menu “Home” akan ditampilkan, setelah itu klik “Bayar Pajak”.

3. Setelah klik “Bayar Pajak”, akan muncul halaman baru untuk menentukan jenis pajak yang ingin Anda bayar. Tentukan nomor rekening pajak, jenis pajak, kode jenis setoran, masa pajak yang akan Anda bayarkan ke Klikpajak. Kemudian klik "Lanjutkan".

4. Setelah mengklik "Lanjutkan", akan diarahkan ke halaman untuk memasukkan Jumlah Pajak yang Harus Dibayar pada kolom yang telah disediakan. Kemudian klik "Lanjutkan".

5. Setelah mengklik "Lanjutkan", akan muncul halaman berupa data yang telah diisi sebelumnya. Pastikan semuanya terisi dengan benar, lalu klik "Buat Billing ID dan lanjutkan".

6. Setelah klik "Buat Billing ID dan Lanjutkan", Anda akan diarahkan ke halaman utama (Beranda). Jika Billing ID Anda sudah diproses, akan muncul informasi di kolom Billing ID yang menunjukkan bahwa Billing ID Klikpajak Anda sedang diproses. Jika Billing ID sudah diproses maka akan otomatis muncul pada halaman tersebut. 

Download Kode Billing di Klik Pajak

Setelah melalui proses pembuatan id billing, langkah selanjutnya yaitu download billing ID/SSP online untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak online. Berikut langkah-langkah download kode billingnya :

1. Langkah pertama untuk download atau upload SSP ke fitur Bayar Pajak online adalah klik "Buat Billing ID dan lanjutkan". Anda akan diarahkan ke halaman utama (Home). Jika kode billing sudah diproses, informasi yang menunjukkan bahwa billing ID Klikpajak sedang "Dalam Proses" akan muncul di kolom Billing ID. Jika Billing ID sudah diproses maka akan otomatis muncul di halaman ini.

2. Setelah kode billing berhasil diproses, pilih menu "Home" untuk melihat billing ID Anda di menu "Menunggu Pembayaran".

3. Setelah selesai, klik "Download SSP" maka unduhan akan otomatis dimulai. 

ID billing pajak memiliki angka awal yang berbeda sebagai penanda yaitu angka awal 0, 1, 2, 3 untuk sistem billing DJP, angka awal 4, 5, 6 untuk sistem billing DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai), dan angka awal 7, 8, 9 untuk sistem billing DJA (Direktorat Jenderal Anggaran).


Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔