Cara Memahami Tentang Operasional Asuransi Syariah

Ayead Gaptek 6:15 PM

Asuransi Jiwa Syariah

Popularitas dari asuransi syariah tidak bisa dipungkiri bahwa semakin melambung akhir-akhir ini. Hal tersebut tidak lepas karena asuransi jiwa syariah ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang tidak paham tentang operasional dari jenis asuransi ini. Berikut ini ada cara memahaminya.


1. Kenali Ujroh yang Berlaku 
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memahami jenis asuransi yang satu ini adalah dengan mengenali istilah ujroh atau fee yang berlaku. Seperti yang diketahui bahwa premi adalah hal wajib yang dibayarkan untuk setiap asuransi. Namun untuk asuransi syariah maka ujroh ini berguna untuk membayar jasa dari perusahaan asuransi ketika mengelola dana nasabah.

2. Terdapat Bagi Hasil dari Investasi
Berikutnya Anda juga mesti memahami bahwa asuransi dengan konsep syariah ini memiliki konsep bagi hasil dari investasinya. Investasi ini tentunya berasal dari nasabah yang melakukan pembayaran terhadap asuransi tersebut. investasi ini sendiri berasal dari dana pertanggungan yang tidak ambil karena tidak adanya klaim pertanggungan yang dilakukan oleh nasabah itu.

3. Modal yang Bersifat Mandiri
Membicarakan asuransi syariah tanpa membandingkannya dengan asuransi konvensional memang bisa dibilang mustahil. Soalnya kedua jenis asuransi ini pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Khusus untuk asuransi syariah maka ada satu hal yang perlu Anda ketahui yaitu asuransi ini memiliki modal yang bersifat mandiri.

Maksudnya modal bersifat mandiri adalah modal yang tidak berhubungan dengan hal lainnya. Contohnya seperti asuransi konvensional yang biasanya merupakan perpanjangan tangan dari perbankan. Jadi dapat dipastikan bahwa modalnya juga berasal dari bank yang bersangkutan. Lain dengan asuransi syariah yang nyatanya memiliki modalnya sendiri.

4. Kepemilikan Dana
Terakhir adalah kepemilikan dana yang bisa dibilang adalah hak sepenuhnya dari peserta atau nasabah. Dalam arti kata lain, perusahaan asuransi syariah ini hanya bertugas mengelola dana yang diterima dengan sebaik-baiknya. Jadi pasti akan timbul asas saling mempercayai antara satu sama lain.

Dengan memahami operasional dari asuransi jiwa syariah pastinya membuat Anda lebih bisa yakin untuk menjatuhkan pilihan pada jenis asuransi ini. Hal ini berguna untuk membuat kehidupan Anda lebih terjamin dan tentunya jauh dari rasa was-was maupun khawatir.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔