TIPS MERAWAT PAKAIAN AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

Ayead Gaptek 5:19 AM
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok, dan seiring perkembangan zaman, fungsi pakaian sendiri menjadi bermacam-macam, mulai dari menutup aurat, fashion, sebagai cara mengekspresikan diri, pelindung tubuh dari sengatan matahari ataupun melindungi tubuh dari hawa dingin. 

Lemari Pakaian Minimalis


Tapi masalahnya tidak semua orang mengerti bagaimana cara merawat pakaian dengan benar, pakaian yang tidak dirawat dengan baik biasanya akan cepat rusak, atau mungkin warna pakaian akan cepat pudar, hal in tentu akan sangat bermasalah bagi yang menggunakan pakaian untuk kebutuhan fashion.

Karena itu disini kami akan membeberkan sedikit tips bagaimana cara merawat pakaian agar warnanya tidak cepat pudar dan tidak cepat rusak.

1. Gunakan Pemutih Ramah Lingkungan

Jika anda mencuci pakaian yang berwarna putih, sebaiknya gunakan pemutih yang ramah lingkungan, kenapa ? karena pemutih yang tidak ramah lingkungan akan merusak kain lebih cepat, ketebalan kain akan cepat menipis.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Pakaian

Pakaian yang terlalu sering dicuci akan menyebabkan warna asli pakaian jadi cepat luntur, selain itu serat pakaian juga akan cepat rusak. Jadi jika pakaian yang anda miliki belum kotor atau bau maka sebaiknya jangan dicuci dulu.

3. Gunakan Air Dingin Saat Mencuci

Mencuci dengan menggunakan air dingin pilihan yang lebih baik saat mencuci dibandingkan menggunakan air panas, karena air dingin tidak merusak pakaian secepat menggunakan air panas.

4. Simpan Pakaian Dengan Baik

Sebaiknya simpan pakaian anda pada tempat khusus agar terhindar dari ngengat,  debu, kotoran, misalnya lemari pakaian minimalis. Sebaiknya simpan ditempat yang memiliki suhu tidak terlalu panas, atau sejuk, hal ini berguna agar jamur tidak tumbuh di pakaian dan menghindari perubahan warna. Agar lebih baik lagi anda bisa menambahkan pengharum di dalam lemari pakaian anda.

5. Lipat dan Gantung Pakaian Sesuai Keperluan

Tidak semua pakaian harus digantung dan tidak semua pakaian harus dilipat, jadi anda harus memilah pakaian mana yang disimpan di lemari dan pakaian mana yang harus disimpan di kotak.

6. Gunakan Sesuai Fungsinya

Sebaiknya gunakan pakaian sesuai fungsinya, misalnya dengan mempertimbangkan cuaca atau kegiatan, pada kegiatan luar rumah misalnya, gunakanlah pakaian yang tidak masalah jika mengalami robek atau rusak.

7. Periksa Petunjuk Perawatan.

Setiap bahan kain memiliki cara berbeda dalam perawatan dan cara mencucinya, karena itu kenali jenis kain pakaian anda, biasanya ada label yang umumnya terdapat di semua pakaian tentang cara perawatannya.

8. Perlakukan Kain Yang Halus Dengan Cara Berbeda

Biasanya pakaian yang memiliki jenis kain agak halus jangan sampai dicuci dengan mesin cuci, karena akan cepat rusak, jadi sebaiknya gunakan cara manual, gunakan tangan, kalau terpaksa juga mencuci pakaian di mesin cuci, maka sebaiknya bungkus terlebih dahulu dengan menggunakan jaring atau benda lainnya.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔