Pria Ini Ditangkap Polisi Karena Meminjam KTP Temannya

11:52 PM

seorang pria ditangkap karena meminjam ktp
Hati-hati saat jika anda meminjamkan KTP untuk teman atau saudara, karena seorang pria ditangkap karena meminjam KTP temannya, berikut kami kutip informasinya dari liputan6.
Keinginan Jiono untuk bekerja ke luar negeri justru mengantarkannya ke dalam jeruji penjara. Pria berusia 40 tahun, warga Desa Kasreman, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, itu kedapatan memalsukan KTP untuk mengurus paspor.

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Denny Wahyudi mengatakan, modus yang digunakan pelaku adalah memalsukan KTP milik temannya untuk dipakai mengurus paspor.

"Petugas kami curiga saat tersangka mengurus surat keterangan catatan kelakuan baik. Ada yang janggal dengan KTP miliknya," kata Denny di Tulungagung, Rabu, 22 Desember 2016.

Pemalsuan KTP ini terbongkar saat Jiono membawa berbagai dokumen untuk kebutuhan SKCK sebagai salah satu syarat pengurusan paspor ke Polres Tulungagung pada Senin 19 Desember.

Petugas curiga dan mengecek identitas yang tertera dalam KTP. Saat itulah terbukti jika identitas itu milik Irawanto warga Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung.

"Data memalsukan milik temannya, tetapi untuk foto dipasang milik tersangka," ujar Denny.

Saat pemeriksaan, Jiono mengakui telah meminjam KTP milik Irawanto dan mencuri data dirinya. Kemudian, ia memesan ke dua orang untuk membuat KTP palsu.

Dua pembuat identitas palsu itu kini diburu kepolisian. Motif pelaku memalsu identitas lantaran usinya tak memenuhi syarat bekerja ke luar negeri.

"Data usia temannya yang lebih muda itulah yang dicuri agar bisa lolos syarat bekerja di luar negeri. Sekarang kami lakukan pengembangan apakah ada sindikat pemalsuan KTP," tegas Denny.

Pelaku dijerat dengan Pasal 263 ayat 2 KUHP tentang pemalsuan dokumen negara dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. Kini tersangka mendekam di sel tahanan Mapolres Tulungagung untuk proses lebih lanjut.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔